Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan

Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan Herbal

  Asam urat adalah suatu zat yang terkandung di dalam tubuh. Apabila kadar asam urat di dalam tubuh Anda tinggi, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala-gejala yang membuat Anda merasa kurang nyaman. Itulah alasan mengapa Anda perlu obat asam urat alami dari tumbuhan. Mengapa harus dari tumbuhan? Hal ini diperlukan untuk memberikan efek permanen pada penurunan kadar asam urat Anda. Selain itu, hal ini juga perlu untuk menghindari segala efek samping yang muncul akibat penggunaan obat-obatan untuk menurunkan kadar asam urat di tubuh Anda. Asam urat yang tinggi bisa disebabkan oleh konsumsi berbagai jenis makanan dengan kandungan tertentu. Makanan-makanan yang
Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan
Obat Asam Urat Alami dari Tumbuhan
perlu dihindari adalah kacang-kacangan, melinjo, bahkan beberapa sayuran. Oleh karena itu, cobalah untuk mengobati tingginya kadar asam urat di dalam tubuh Anda dengan obat asam urat alami dari tumbuhan yang dapat menurunkan kadar asam urat di tubuh Anda tanpa memberikan efek samping. Obat-obat alami tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kumis kucing dan Meniran

Di dalam Meniran, terdapat berbagai senyawa yang bermanfaat untuk mengobati asam urat Anda, antara lain hipofilantin, filantin, damar, kalium, tanin, dan flavonoid, dimana semuanya merupakan senyawa-senyawa yang berperan dalam menurunkan kadar asam urat.   Kumis kucing sendiri populer sebagai obat untuk kesehatan ginjal dan memperlancar air seni. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa kumis kucing juga berguna sebagai obat asam urat alami dari tumbuhan. Di dalam kumis kucing terkandung senyawa yang berperan dalam mengurangi kelebihan asam urat di dalam darah. Senyawa tersebut adalah orthosiphonin glikosida. Cara pembuatan ramuan kumis kucing dan meniran adalah sangat sederhana. Anda hanya perlu mencampurkan 5 lembar kumis kucing bersama 5 ranting meniran yang direbus di dalam 3 gelas air. Teruslah rebus hingga air hanya bersisah setengah dari volume awal. Setelah itu, minumlah air rebusan ini beberapa kali sehari agar khasiatnya dapat dirasakan secara permanen dan juga tanpa efek samping.

2. Daun Salam

Daun salam, yang terkenal sebagai bumbu masakan, ternyata juga merupakan daun yang berfungsu sebagai obat asam urat alami dari tumbuhan. Hal ini dikarenakan di dalam daun salam terdapat tannin dan flavonoid. Daun salam dapat dijadikan obat asam urat dengan merebus 10 lembar daun tersebut dengan 700 cc air. Tambahkan setengah batang sereh dan tetaplah merebusnya hingga air bersisa kurang dari setengahnya. Minumlah air rebusan ini sebagai obat.

3. Bidara

Tanaman bidara mengandung beberapa senyawa bermanfaat seperti aldehid, keton, flavonoid, dan juga beberapa kandungan mineral seperti kalium, kalsium, dan juga natrium. Senyawa serta mineral inilah yang memiliki manfaat sebagai obat asam urat. Proses pembuatannya sebagai obat asam urat alami dari tumbuhan pun dapat terbilang begitu sederhana. Anda cukup merebus 10 gram daun bidara, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada dan 9 gram komfrey dengan air yang kurang lebih berjumlah 5 gelas. Lanjutkan merebus hingga dari 5 gelas air tadi tersisa menjadi 2 gelas air. Minumlah air rebusan itu di pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur.

4. Pepaya Muda

Air rebusan papaya muda ternyata juga dapat meredakan asam urat. Cara pembuatannya sangatlah sederhana. Anda hanya membutuhkan setenah buah papaya muda yang telah dibuang bijinya dan direbus dalam 800 ml air. Namun, Anda tidak boleh membuang kulitnya. Hal ini karena kulit papaya muda juga memiliki khasiat yang tidak kalah pentingnya soal asam urat. Rebuslah potongan papaya muda selama 4 menit dengan api besar. Setelah api dikecilkan, Anda harus melanjutkan proses perebusan hingga 3 menit. Minumlah obat asam urat alami dari tumbuhan ini agar Anda lebih sehat. Itulah 4 resep obat asam urat alami dari tumbuhan yang dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Penggunaan obat alami cenderung memang lebih sehat daripada penggunaan obat-obat dengan zat kimia buatan. Namun, dalam mengkonsumsi obat herbal semacam ini, Anda akan membutuhkan konsistensi dan juga tekad kuat untuk menjaga kesehatan diri Anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *