Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi

Apa saja menu makanan untuk penderita darah tinggi? Tekanan darah tinggi sangat berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup. Meskipun tidak hanya dengan faktor tersebut tingkat stres tinggi juga mempengaruhi, tetapi lebih dari 86% penderita darah tinggi ini disebabkan oleh faktor pola makan dan gaya hidup. Jadikanlah makananmu adalah jamu dan jamu sebagai makananmu, bayangkanlah kita mengkonsumsi makanan sehari-hari adalah disamping mengenyangkan, bergizi dan berfungsi sebagai  jamu yang menyehatkan badan kita.   Berikut adalah menu makanan untuk penderita darah tinggi atau hipertensi yang dapat dikonsumsi jika Anda menderita penyakit darah tinggi, yaitu :

1.      Susu skim

Susu skim ini biasanya dalam
Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi
Menu Makanan untuk Penderita Darah Tinggi
bentuk susu rendah lemak. Menurut penelitian susu skim yang terkandung didalam didalam susu skim adalah hanya 1 persen. Susu olahan dari susu ternak ini sangat baik untuk penderita darah tinggi. Konsumsilah susu skim secara rutin bisa mengurangi tekanan darah sekitar 5 persen sampai 10 persen.

2.      Gandum

Gandum utuh sangat direkomendasikan sebagai pengganti makanan pokok untuk orang yang melakukan diet, dikerenakan mengandung serat yang tinggi yang berguna pada pencernaan tubuh kita. Dan juga mengandung beta glucan yanng bagus untuk menurunkan kolesterol dan darah tinggi atau hipertensi.

3.      Wortel

Wortel mengandung betakarotin dan kalium yang cukup tinggi. Zat tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Wortel dapat dikonsumsi langsung dengan cara dimakan langsung atau dijus.

4.      Coklat murni

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi coklat murni setiap harinya dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

5.      Kubis

Senyawa kimia alami yang terkandung di dalam kubis yaitu asam glutamat, sangat efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

6.      Alpukat

Zat penting yang terkandung dalam buah alpukat, yaitu asam oleat, potasium dan asam folat. Zat tersebut sangat baik unuk kesehatan jantung, memperlancar saluran darah dan mencegah terjadinya stroke. Makan empat batang daun seledri setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Namun senyawa natrium yang ada di dalam daun seledri dapat menimbulkan bahaya untuk tubuh. Konsultasikanlah dengan dokter sebelum Anda mengkonsumsinya untuk menyembuhkan darah tinggi Anda.

7.      Tomat

Tomat mempunyai zat senyawa kimia alami yang disebut likopen. Likopen ini bentuknya terbungkus suatu lapisan, panaskan tomat tidak perlu lama-lama, asal sedikit layu untuk membuka lapisan lipkopen tesebut. Zat ini mempunyai manfaat sebagai anti oksidan  bersifat flavonoid. Selain itu tomat juga mengandungvitamin E yang bagus juga untuk kulit dan vitamin C yang bagus untuk kesehatan tubuh.

8.      Kentang

Kentang mengandung magnesium dan kalium yang tinggi. Hal ini akan membuat aliran darah lancar dan memperlebar pembullluh darah.

9.      Biji bunga matahari

Mengandung zat pitosterol yang terkandung dalam biji bunga matahari yang berperan menurunkan kolesterol LDL dalam tubuh serta dapat menurunkan tensi darah tinggi atau hipertensi.

10.  Ubi ungu

Ubi jenis ini mengandung anthosianin yang mengandung zat ungu yang bagus untuk tubuh dan bersifat anti kanker.

11.  Kedelai

Zat isoflavon dalam kedelai diketahui dapat menurunkan kolesterol dan tentu saja dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

12.  Kunyit

Crocetin adalah senyawa yang terdapat didalam kunyit, dapat mengurangi tekanan darah secara signifikan dan bersifat antioksidan, anti inflamasi atau anti peradangan.

13.  Ikan salmon

Mengandung omega 3 yang baik untuk darah, menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

14.  Bawang putih

Konsumsi bawang putih satu siung dalam sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selama 12 hari tekanan darah tinggi atau hipertensi akan menurun secara signifikan.

15.  Teh hijau

Sebuah penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi teh hijau setiap harinya dalam jangka waktu satu tahun memiliki tekanan darah yang relatif stabil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

16.  Bawang bombai

Senyawa sulfur yang terkandung didalam bawang bombai, telah terbukti mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.

17.  Labu siam

Labu siam tidak hanya bisa digunakan untuk masakan, tetapi bermanfaat juga untuk menekan tekanan darah yang tinggi. Selain untuk hipertensi atau darah tinggi, labu siam juga dapat digunakan sebagai makanan pengganti bagi penderita kencing manis atau diabetes yang tengah melakkukan tarak makan. Demikanlah menu makanan untuk penderita darah tinggi atau hipertensi yang dapat dimakan sebagai makanan yang menyenangkan atau jamu yang menyehatkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *