Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Ciri-ciri Lingkungan Sehat dan Baik untuk Kehidupan

  Lingkungan dapat diartikan sebagai tempat dimana kita berada. Lingkungan dapat berupa lingkungan sosial masyarakat maupun lingkungan sekitar tempat tinggal. Lingkungan berdasarkan kadarnya dibagi menjadi dua yaitu, lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat. Lingkungan yang sehat cocok untuk dijadikan tempat tinggal dan tumbuh kembang serta arena bermain anak-anak. Sedangkan kebalikannya lingkungan yanng tidak sehat akan memberikan dampak buruk bagi tumbuh dan kembang anak. Diperlukan usaha dan upaya untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Lingkungan  seperti  apakah yang dapat dikatakan
Ciri-ciri Lingkungan Sehat
Ciri-ciri Lingkungan Sehat
lingkungan sehat dan sebaliknya lingkungan seperti apa yang dapat dikatakan sebagai lingkungan tidak sehat? Berikut adalah ciri-ciri lingkungan sehat untuk manusia, diantaranya:

1. Udara

Hal pertama yang dijadikan indikator sehat atau tidaknya suatu lingkungan adalah kualitas udara pada lingkungan tersebut. Udara menjadi faktor penting untuk menentukan suatu lingkungan sehat atau tidak. Kita menghirup udara untuk hidup setiap harinya. Bayangkan jika udara yang kita hirup setiap harinya termasuk pada golongan yang tidak sehat. Alangkah berbahayanya bagi tubuh kita. Setiap udara yang kita hirup akan terbawa zat dan partikel yng berbahaya bagi tubuh kita. Lingkungan yang sehat mempunyai udara yang tidak berbau, tidak pedih dimata dan tidak berwarna jika dilihat dengan mata telanjang. Jika kita bernafas dan menghirupnya kita akan terasa sejuk dan menyegarkan.

2. Suara

Hal berikutnya yang dapat dijadikan ciri-ciri lingkungan yang sehat untuk manusia adalah tidak adanya polusi suara. Tidak ada suara yang bising dan berisik, yang dapat mengganggu kesehatan pendengaran kita. Lingkungan masyarakat yang dekat dengan lingkungan industri lebih rentan terjadinya polusi suara. Namun jika tingkat kebisingan suara masih dalam ambang batas kewajaran yang aman dan dapat diterima oleh indera pendengaran kita.

3. Sampah

Manusia adalah makhluk penghasil sampah. Dimanapun kita berada kita akan meninggalkan jejak sisa kita, baik itu sampah makanan ataupun sampah lainnya. Adanya pengelolaan sampah yang baik, baik itu sampah organik ataupun sampah anorganik. Sampah anorganik dapat dikumpulkan dan dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan sitem gotong royong warganya, namun sampah organik dikumpulkan untuk dibuat kompos hijau.

4. Air

Tersedianya sumber air bersih. Baik itu air yang bersumber dari tanah atau air sumur maupun air ledeng air PAM. Ciri dari air yang sehat adalah tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna.

5. Tersedianya sarana Mandi Cuci Kakus (MCK)

Salah satu ciri ciri Lingkungan Sehat dalam hal ini rumah sehat adalah tersedianya sarana Mandi Cuci Kakus (MCK). Warga tidak akan bingung ketika akan buang hajat ataupun melaksanakan aktivitas mandi dan cuci mencuci. Sehingga lingkungan tidak akan tercemar akibat dari aktvitas Mandi Cuci Kakus masyarakat tersebut.

6. Saluran Air

Saluran air yang lancar dan tidak tersumbat, mendukung kegiatan Mandi Cuci Kakus masyarakat. Saluran air yang tersumbat akan membuat lingkungan menjadi tergenang dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta membuat lingkungan terkesan kumuh. Air yang tersumbat tentu saja akan menimbulkan masalah baru untuk kesehatan manusia. Menjadi tempat bertelurnya  nyamuk demam berdarah dan malaria serta tempat berkembang biaknya organisme lainnya. Tentu saja jika hal ini diabaikan akan menjadikan lingkungan tersebut menjadi endemi penyakit.

7. Tumbuhan hijau

Tak dapat dipungkiri lagi, tumbuhan hijau menjadi salah satu penyedia oksigen di lingkungan kita. Dicanangkannya program pemerintah satu rumah satu pohon besar sangat membantu untuk menyediakan oksigen di lingkungan kita. Tiap satu pohon bisa menghasilkan sekitar 1.016 liter oksigen . Dan bayangkanlah jika setiap rumah dilingkungan kita terdapat satu pohon besar, berapa juta liter oksigen yang akan dihasilkannya. Pohon akan menyerap polutan atau zat yang menyebabkan polusi udara yang mengandung zat berbahaya untuk kesehatan. Jika dilakukkan penanaman pohon dalam jumlah besar maka sangat tidak mungkin kita tidak akan membutuhkan kipas angin ataupun  Air Conditioner (AC) di setiap rumah kita. Lingkungan yang sehat tidak timbul dengan sendirinya dan secara instan, perlu kesadaran dan tentu saja partisipasi masyarakat tentunya. Demikian adalah ciri-ciri lingkungan sehat untuk manusia semoga dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *