Ciri ciri Keracunan Makanan

Ciri ciri Keracunan Makanan yang Harus Diketahui

Makanan memang merupakan asupan yang cukup penting bagi kelangsungan hidup kita. Namun, apa jadinya bila makanan yang kita konsumsi ternyata bukanlah makanan yang tergolong sebagai makanan baik? Oleh karena itu, kenali ciri ciri keracunan makanan yang akan menjadi penyelamat Anda apabila tanpa sengaja mengkonsumsi makanan tak layak konsumsi. Keracunan makanan akan ditandai dengan adanya gangguan di bagian pencernaan, meski tidak selalu begitu. Namun, masih banyak yang bingung membedakan antara gangguan pencernaan biasa dan juga ciri ciri keracunan makanan. Oleh karenanya, simaklah ulasan singkat berikut ini.

1. Sakit perut dan Melilit

Gejala ini sebenarnya sama dengan dengan gejalan maag. Namun, sakit perut dan melilit ini akan menjadi pertanda bahwa Anda keracunan makanan yakni apabila Anda tidaj punya riwayat maag sebelumnya. Jika Anda
Ciri ciri Keracunan Makanan
Ciri ciri Keracunan Makanan
mengalami sakit perut yang melilit secara tiba-tiba, maka cobalah mengingat-ingat makanan apa yang Anda konsumsi terakhir kali. Hal ini dikarenakan bisa saja makanan itulah yang mempengaruhi dan menjadi penyebab sakit perut melilit Anda.

2. Mual dan Muntah

Mual dan muntah adalah tanda bahwa asam lambung Anda sedang naik. Pertanyaannya, mengapa asam lambung Anda naik? Hanya ada dua penyebabnya, pertama Anda memang memiliki gangguan pencernaan kronis seperti maag. Kedua, Anda baru saja mengkonsumsi makanan tertentu yang sudah tidak baik lagi.   Makanan yang tidak baik biasanya akan mengandung asam dalam tingkatan yang sangat tinggi. Inilah penyebab asam lambung Anda naik. Jadi, bila Anda tiba-tiba mengalami mual dan muntah, maka bisa jadi itu adalah ciri ciri keracunan makanan. Oleh karena itu, segeralah lakukan penanganan terhadap keracunan makanan yang Anda alami.

3. Diare

Berbeda dengan diare biasa, diare karena keracunan makanan akan disertai dengan rasa nyeri di bagian kandung kemih. Rasa nyeri ini akan menjalar dan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Mengapa demikian? Diare disertai rasa nyeri yang menjalar adalah pertanda bahwa Anda sedang diserang oleh bakteri atau mikroorganisme jahat yang terkandung di dalam makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, bila hal ini terjadi, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter dan ingat-ingat kembali makanan apa yang terakhir kali Anda makan. Usahakan jangan hanya minum obat diare. Obat itu mungkin hanya akan menghambat diare untuk sementara. Mamun, diare akan kembali seiring habisnya pengaruh obat di dalam tubuh Anda. Jadi, kenali jenis diare yang Anda derita. Apakah ini diare biasa atau diare yang merupakan ciri ciri keracunan makanan.

4. Demam

Demam merupakan pertanda paling umum bahwa ada yang tidak beres di tubuh Anda. Demam adalah bentuk pertahanan diri dengan menaikkan suhu tubuh Anda sendiri. Dengan naiknya suhu tubuh, maka sistem imun akan berusaha membunuh segara bakteri-bakteri yang mengganggu sistem tubuh Anda. Sama halnya bila bakteri ini terkandung pada makanan Anda. Makanan akan masuk ked alma tubuh bersama bakteri dan mikroorganisme jahat lainnya. Tubuh akan merespon itu sebagai sebuah serangan sehingga nantinya, sebagai bentuk pertahanan, Anda akan demam.   Bila demam yang Anda derita adalah demam sebagai ciri ciri keracunan makanan, maka sebaiknya jangan redakan demam dengan obat, kecuali pada anak kecil. Hal ini dikarenakan fungsi dari demam sendiri yang merupakan bentuk pertahanan tubuh yang kuat. Jika Anda meredakan demam dengan obat, maka demam Anda akan kembali karena tujuan demam sebagai pengusir bakteri yang belum tercapai.

5. Keringat Berlebih

Keringat berlebih atau keringat dingin merupakan suatu bentuk resistansi terhadap benda asing yang masuk bersama makanan atau minuman Anda. Namun, mengapa harus berkeringat? Keringat adalah salah satu media pembuangan racun melalui media kulit. Oleh karena itu, bila Anda keracunan makanan, maka kelenjar keringat akan terus membuang racun tersebut melalui keringat Itulah lima gejala dan ciri ciri keracunan makanan yang mungkin pernah Anda alami. Ingat, keracunan makanan bukanlah hal yang sederhana. Jika tidak ditangani segera dengan minum susu atau berobat, maka bisa-bosa keracunan akan menjadi sesuatu yang berakibat fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *