Cara Menyembuhkan Paru paru Basah

Cara Menyembuhkan Paru paru Basah secara Alami

  Bagaimana cara menyembuhkan paru paru basah secara Alami? Paru-paru basah atau yang didalam dunia medis dikenal dengan istilah pneunomia. Pneunomia adalah terjadinya peradangan pada paru-paru  atau infeksi pada saluran pernafasan bagian atas. Pada kondisi ini udara di paru-paru (alveoli) di penuhi oleh cairan atau nanah. Hingga dikenallah dengan istilah sebagai paru-paru basah. Gejala paru-paru
Cara Menyembuhkan Paru paru Basah
Cara Menyembuhkan Paru paru Basah
basah ada yang ringan, berat dan yang dapat mengancam nyawa. Tingkat keparahan paru-paru basah tergantung dari penyebab dan jenis organisme atau bakteri yang menyebabkan infeksi, usia dan kondisi kesehatan umum. Gejala umum  paru-paru basah diantaranya adalah sakit dada, demam dan menggigil, batuk kering, nyeri otot, nafas cepat dan tersengal, rasa mual atau muntah, denyut jantung cepat, serta sulit bernafas. Untuk gejala paru-paru basah yang menunjukkan keadaan yang lebih parah meliputi kulit berubah warna menjadi kebiruan, darah dalam dahak, sesak nafasdan jantung berdetak terlalu cepat.   Tidak ada yang kebal terhadap paru-paru basah, dari bayi yang baru lahir sampai berusia 2 tahun beresiko lebih tinggi, seperti halnya pada lansia usia 65 tahun atau lebih. Disamping itu ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko diantaranya stroke dengan masalah pada refleks menelan. Sistem kekebalan tubuh yang lemah. Hal ini berlaku juga untuk penderita kanker, HIV, AIDS. Penyalahgunaan narkoba, perokok berat, pecandu alkohol, penderita asma, diabetes, gagal jantung, juga beresiko menderita paru-paru basah. Jenis pengobatan paru-paru basah tergantung pada jenis, berat, dan ringannya penyakit tersebut. Untuk paru-paru basah ringan dapat diobati di rumah dengan cara alami atau cara tradisional. Berikut adalah cara menyembuhkan paru paru basah secara alami :

1. Mengurangi  dan menghentikan kebiasan merokok

Bahaya merokok sudah tidak dapat ditolerir lagi. Baik perokok aktif maupun perokok pasif. Paru-paru akan bersih dan tidak akan memperberat kerja paru-paru yang telah terinfeksi.

2. Kurangi dan hentikan konsumsi alkohol

Alkohol membuat hati menjalankan fungsi nya menjadi berat, demikian juga dengan paru-paru. Memang alkohol baik untuk ginjalmu tapi tidak untuk hati dan pru-paru.

3. Perbanyaklah konsumsi air putih

Usahakan untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari bisa dilebihkan menjadi sepuluh gelas per hari.

4. Istirahat

Tubuh yang terinfeksi suatu penyakit akan menjadi lemah, dan kehilangan kekuatannya. Ini merupakan sinyal  agar tubuh beristirahat. Tergantung dari berat dan ringannya paru-paru basah. Lakukanlah pekerjaan ringan jika perlu istirahat total. Tidurlah minimal 8 jam sehari terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Menghirup udara bersih

Paru-paru basah disebabkan karena adanya iritasi dan infeksi pada paru-paru.  Hindarilah udara yang mengandung banyak polutan. Cobalah untuk menghirup udara yang masih bersih, seperti udara pagi hari ataupun udara pegunungan.

6. Konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau

Tubuh yang terinfeksi paru-paru basah sangat lemah dan sangat membutuhkan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi bisa menjadi pilihan.

7. Ciplukan

Caranya, rebuslah akar, batang dan daun ciplukan berikut dua gelas air menjadi satu gelas air. Dinginkan dan berikan pada penderita tiga kali sehari satu gelas. Ramuan ini untuk diminum. Ulangilah pengobatan ini secara rutin dan berturut-turut selama enam bulan.  

8. Kulit kacang tanah

Caranya, rebus segenggam kulit kacang tanah, rebus hingga air keruh saring lalu tambahkan dengan gula merah. Minum minuman ini selagi hangat dua kali sehari pagi dan sore.

9. Daun pegagan

Daun jenis ini banyak terdapat pada pegunungan. Caranya, ambil segenggam daun pegagan dan seruas jahe. Iris halus kedua bahan itu kemudian rebus kedalam dua gelas air menjadi satu gelas air. Segera minum selagi hangat. Minum dua kali sehari pagi dan sore hari. Lakukanlah selama dua minggu berturut-turut.

10. Kunyit

Caranya, ambil kunyit seruas jari haluskan bersama sejumput garam. Campur dengan sedikit air hangat, peras dan saring. Minum segera, sehari dua kali pagi dan sore. Lakukan secara rutin selama kurang lebih dua minggu. Demikianlah tips atau cara menyembuhkan paru paru basah secara alami. Selama menjalani pengobatan jangan lupa kita berdoa kepada Tuhan. Jadikan hidup sehat sebagai gaya hidup. Perbanyak makan buah dan sayuran serta berolah raga sangat baik untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *