Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Ampuh

  Bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat? Sebelum kita mengetahui cara untuk menurunkan darah tinggi, terlebih dahulu kita perlu mengetahui apa itu darah tinggi. Darah tinggi atau kadang-kadang disebut juga hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebbakan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanyauntuk memompa darah dan mengedarkannya melalui pembuluh darah. Dalam pengukuran tekanan darah, ada dua istilah yang mesti dipahami, yakni sistolik dan diastolik. Sistole adalah saat kondisi otot jantung sedang berkontraksi, sedangkan diastole adalah saat jantung relaksasi. Tekanan darah normal saat istirahat100-140 mg Hg dan diastolik 60-90 mmHg. Sedangkan darah tinggi atau hipertensi terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih. Hipertensi sendiri jika dibiarkan bisa berdampak buruk dan menimbulkan beberapa penyakit lain, mulai dari stroke, serangan jantung, hingga penyakit ginjal yang kronik.     Pola makan dan gaya hidup dapat mempengaruhi naik dan turunnya tekanan darah. Terlalu banyak asupan garam atau natrium dan makanan yang berlemak serta jarang berolah raga adalah salah satu pemicu naiknya tekanan darah.
Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat
Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat
Disamping itu faktor usia juga sangat berpengaruh. Hipertensi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu:

Hipertensi primer

Hipertensi yang paling umum terjadi. Tekanan darah meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hipertensi diakibatkan oleh interaksi gen yang kompleks dan faktor lingkungan. Dapat dibilang bahwa tekanan darah tinggi terjadi karena adanya faktor turunan atau gen bawaan. Jika orang tua kita mempunyai riwayat sakit darah tinggi maka kemungkinan besar kita juga akan mempunyai darah tinggi. Selain itu faktor lingkungan yang bising dengan tingkat stress yang tinggi dapat menjadi pemicunya.

Hipertensi sekunder

Hipertensi yang terjadi dari akibat atau disebabkan oleh penyebab lain yang diketahui. Semisal penyakit ginjal, penyakit tyroid. Hipertensi jarang menunjukkan gejala yang signifikan. Ada beberapa orang yang mengalami tekanan darah tinggi mengeluhkan, diantaranya:
  • sakit kepala terutama pada bagian belakang pada pagi hari,
  • pusing,
  • vertigo,
  • tinitus atau adanya suara dengung atau suara desis di dalam telinga,
  • gangguan penglihatan,
  • pingsan untuk beberapa penderita dengan darah tinggi akut.
Hipertensi dapat disembuhkan dengan cara alami dan tradisional. Berikut adalah tips atau cara menurunkan darah tinggi dengan cepat, diantaranya dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air dan serat. Buah tersebut dapat dimakan begitu saja atau di jus. Buah tersebut misalnya melon, lemon. Selain itu juga harus diimbangi dengan mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, buncis, timun, labu siam, seledri dan kacang panjang. Seledri diiris dan dicuci kemudian direbus dengan dua gelas air menjadi 1 gelas. Kemudian minum sehari dua kali pagi dan sore hari, sacara rutin hingga sembuh. Anda juga perlu mengurangi asupan garam dan MSG atau makanan yang asin dan gurih. Gunakan juga bawang putih. Caranya, ambil 3 sampai 5 siung bawang putih cuci dan haluskan. Campur dengan sedikit air hangat saring dan minum. Sehari dua kali, pagi dan sore hari. Cara lain adalah dengan daun alpukat. Ambil daun alpukat jumlah ganjil, cuci bersih rebus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas air. Minum dua kali sehari secara rutin, selama 1 minggu. Sebagai alternatif atau saran dokter, Anda juga bisa membeli obat bebas darah tinggi di apotik. Contohnya amlodipin dengan kadar 10mg sampai 20 mg tergantung parah atau tidaknya hipertensinya. Akan tetapi, sehebat dan semahal apapun kandungan obatnya, tindakan mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Biar bagaimanapun pencegahan terhadap suatu penyakit adalah lebih murah dan mudah. Cara mencegah terjadinya darah tinggi atau hipertensi, di antaranya:
  • menjaga berat badan (semisal indeks massa tubuh 20-25 kg/m2),
  • mengurangi konsumsi makanan yang asin dan gurih,
  • melakukan aktivitas fisik seperti jogging, aktivitas rumah tangga, maupun senam atau aerobik secara teratur,
  • hindari dan kurangi konsumsi alkohol,
  • perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayuran hijau,
  • kurangi dan hentikan kebiasaan merokok,
  • perbanyaklah minum air putih, minimal 8 gelas sehari,
  • ubahlah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat.
Demikian adalah tips atau cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan ampuh secara alami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *