Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

  Batu ginjal adalah sebuah gangguan kesehatan yang cukup membahayakan. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air, batu ginjal dapat mempersulit kinerja ginjal yang fungsunya sebagai penyaring urin. Oleh karena itu, cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis merupakan cara terbaik yang alami bagi Anda yang ingin terbebas dari batu ginjal tanpa memiliki resiko di anggota tubuh lainnya. Batu ginjal
Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis
Cara Mengobati Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis
sebenarnya adalah hasil sedimentasi atau pengendapan urine yang tertahan. Itulah alasan mengapa kita tidak boleh menahan buang air kecil. Apabila sedimentasi sudah terjadi, maka akan terbentuk butir-butir halus yang dapat menghambat proses jalannya urin melalui saluran pembuangan. Berbagai obat-obatan pun disediakan di pasaran.   Namun, apakah obat-obatan ini bisa dikatakan aman? Itulah mengapa Anda sebaiknya menggunakan proses pengobatan yang alami dan salah satunya adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Berikut adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebagai langkah dan cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis.

1. Mengapa jeruk nipis

Jeruk nipis adalah buah yang memiliki banyak kandungan bermanfaat. Dalam 100gram buah jeruk nipis terdapat kandungan vitamin C 27mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Adapun kandungan yang ada di dalam jeruk nipis di antaranya adalah senyawa kimia linalin, linonen, asetat, geranil asetat, sitral, serta fellandren. Beberapa senyawa kimia tersebutlah yang kemudian menjadikan buah jeruk nipis mempunyai banyak manfaat, terbasuk sebagai obat alternatif untuk membantu pemecahan batu ginjal. Jeruk nipis, selain mengandung vitamin C, juga mengandung asam sitrat yang memiliki fungsi sebagai pencegah terbentuknya kalsium, yang merupakan penyusun batu ginjal, di dalam saluran urin Anda. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis memiliki tingkatan 10 kali lebih besar dibandingkan dengan jeruk-jeruk lainnya. Di sinilah letak keistimewaan jeruk nipis. Senyawa sitrat ini akan memecah setiap pembentukan Kristal sehingga sedimentasi kalsium urin akan hilang secara perlahan. Apabila kalsium sulit terbentuk, maka sudah pasti Anda akan mengalami penurunan resiko drastis untuk memiliki gangguan batu ginjal.

2. Bagaimana Cara Pengobatannya

Untuk mengkonsumsi jeruk nipis sebagai obat herbal pelancar batu ginjal, maka sebenarnya ada banyak cara untuk melakukannya. Cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan mengkonsumsi jeruk nipis dalam jumlah tertentu yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Sebagai contoh, apabila Anda menderita sakit maag, maka konsumsi jeruk nipis sebaiknya dicampurkan ke dalam minuman, atau dengan mengkonsumsinya langsung dengan batasan aman agar Anda tidak menderita sakit dari penyakit lainnya. Jeruk nipis memang memiliki rasa yang sangat asam dan cenderung membuat orang tidak ingin mengkonsumsinya kecuali yang benar-benar terpaksa. Untuk itu, cobalah cari beberapa resep sederhana yang bisa menjadi panduan bagi Anda dalam mengolah jeruk nipis. Selain menggunakna jeruk nipis, batu ginjal juga diatasi dengan mengkonsumsi banyak airt putih. Ikutilah aturan dan hasil penelitian yuang telah dikakuakn bahwa setiap hari manusia normal harus mengkonsumsi kurang lebih 8 gelas air atau setara dengna 2 liter. Jika Anda banyak minum air putih, maka ginjal akan memiliki tekanan untuk menyingkirkan batu ginal itu. Dengan banyak minum, Anda juga membantu proses ginjal yang berfungsi menyaring urine sehingga proses penyaringan tidak perlu dilakukan terlalu berat oleh ginjal. Jadi, cobalah untuk memperbanyak konsumsi air putih. Lain halnya dengan minuman-minuman yang memiliki kadar kekentalan tinggi seperti teh atau kopi. Konsumsi minuman-minuman semacam ini akan menyulitkan ginjal dalam melakukan proses penyaringan. Alhasil, kinerja ginjal pun akhirnya menjadi lebih berat dan juga tidak tepat waktu. Bukan tidak mungkin ada ada beberapa unsur yang tidak tersaring oleh ginjal sehinngga menjadi bahan pembentukan sedimen yang akna menjadi batu ginjal. Itulah cara mengobati batu ginjal dengan jeruk nipis dan juga bagaimana cara mencegah agar tidak terjadi pembentukan Kristal di saluran ginjal. Meski begitu, ada baiknya Anda tetap mempertimbangan untuk konsultasi ke dokter agar hasil yang didapatkan menjadi lebih jelas. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *