Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur

Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur

Bagaimana cara menghilangkan dengkuran saat tidur? Dengkuran biasanya disebabkan oleh aliran udara yang tidka lancar sehingga terjadi getaran di antara saluran mulut dan hidung dan membuat suara yang cukup nyaring. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara menghilangkan dengkuran yang menjadi kebiasaan Anda. Dengkuran sendiri tidak menyebabkan masalah serius apabila Anda tidur sendirian. Namun, bila Anda tidur bersama rekan sekamar atau pasangan, maka dengkuran bisa menyebabkan rekan Anda terganggu. Dengkuran biasanya terjadi apabila Anda tidur dalam posisi yang salah atau apabila Anda kelelahan. Namun, itu bukan berarti Anda bisa
Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur
Cara Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur
meminta rekan Anda memaklumi dengkuran itu. Lakukanlah tips berikut untuk menghilangkan dengkuran Anda saat tidur.

1.      Posisi Tidur Menyamping

Dengkuran biasanya disebabkan oleh posisi tidur yang telentang. Posisi ini akan membuat saluran napas Anda terhimpit dan menyebabkan getaran saat dilalui udara. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak tidur telentang. Karena telungkup adalah posisi tidur yang kurang sehat dan cenderung berbahaya bagi kesehatan, maka tidurlah dengan posisi menyamping. Cara menghilangkan dengkuran saat tidur menyamping bisa dikatakan mudah-mudah sulit. Mudah karena yang perlu Anda lakukan hanyalah tidur menyamping. Namun hal ini sulit apabila Anda harus mempertahankan posisi itu hingga terbangun di pagi hari. Selain tidur menyamping, cobalah angkat kepala Anda sedikit lebih tinggi dari tubuh. Posisi kepala yang terlalu rendah bisa menyebabkan saluran napas semakin terhimpit dan dengkuran semakin rawan terjadi.

2.      Bersihkan sinus

Sinus atau cairan hidung dapat menyebabkan penyumbatan saluran napas. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan sinus Anda sebelum tidur. Cara menghilangkan dengkuran yang satu ini terbilang cukup mudah karena Anda hanya perlu melakukannya sebelum tidur. Namun, apabila Anda sedang terkena flu, maka Anda harus rajin membersihkannya apabila kebetulan Anda terbangun di malam hari. Dengan cara ini, saluran napas Anda akan menjadi lebih terbuka dan napas Anda menjadi lancar. Dengan memiliki napas yang lanca dengkuran Anda pun bisa berkurang.

3.      Menghirup uap air

Jika membersihkan sinus terlalu sulit bagi Anda, cobalah untuk menghirup uap air sebelum tidur. Uap air yang hangat akan membuat sinus menjadi lebih encer dan mudah dibersihkan. Cara menghilangkan dengkuran saat tidur yaitu dengan uap air cukup sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan air panas yang masih beruap di dalam sebuah baskom. Kemudian, menunduklah hingga wajah Anda menghadap baskom tersebut. Berdiamlah selama kurang lebih 5 menit atau lebih agar uap bisa terhidup dengan baik. Jika Anda pegal, angkatlah kepala Anda sesekali dan kemudian lanjutkan menunduk kembali. Jika selama 5 menit tersebut hidung Anda belum merasa lega, maka lakukanlah hingga terasa lega. Untuk menguji apakah hidung Anda sudah bebas dari sinus, maka cobalah untuk menarik napas panjang dengan cepat. Bila dirasa masih ada hambatan, cobalah periksa ke dokter terkait sinus Anda atau cobalah minum susu hangat agar sinus lebih mudah diencerkan.

4.      Gunakan pelembab udara.

Ketahuilah bahwa udara yang kering dapat menyebabkan saluran napas menjadi kurang nyaman. Akhirnya, Anda akan sering menempelkan pangkal mulut Anda untuk mencari kelembaban di pangkalnya. Proses menempelkan ini biasanya diiringi dengan menelan ludah yang menyebabkan mulut semakin kering. Untuk itu, cobalah untuk mengontrol kelembaban udara di kamar Anda. Gunakan air humidifier untuk membuat udara menjadi lembab. Meskipun cara menghilangkan dengkuran yang satu ini terbilang cukup mahal, karena Anda harus membeli sebuah humidifier, tapi cara ini terbilang mudah dan juga efektif mencegah dengkuran. Itulah 4 cara untuk menghilangkan dengkuran Anda. Untuk solusi terbaik, Anda bisa memilih sendiri di antara semuanya. Pilihlah cara yang paling mudah menurut Anda dan sesuai dengan anggaran yang Anda miliki. Hal yang paling penting adalah bahwa Anda konsisten dalam menerapkan cara menghilangkan dengkuran yang telah dijabarkan di atas. Dengan begitu, maka dengkuran sedikit demi sedikit akan berkurang hingga akhirnya Anda bisa tidur tanpa mengeluarkan suara nyaring yang tidak perlu dan membuat rekan sekamar Anda merasa sangat tidak nyaman. Selamat mencoba cara menghilangkan dengkuran saat tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *