Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga

Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga dengan Mudah dan Cepat

Kemasukan air di telinga memang tidak menyenangkan. Selain mengganggu kenyamanan, masuknya air pada telinga pun bisa mempengaruhi kerja beberapa bagian fital di telinga. Karena itu, mengetahui cara mengeluarkan air dari telinga menjadi salah satu hal yang penting dan harus dipahami. Terlebih cara-cara yang bisa dilakukan pada anak-anak maupun orang dewasa, mengingat bahayanya air yang masuk ke dalam organ pendengaran ini.   Ada banyak penyebab masuknya air ke dalam telinga. Mulai dari karena kemasukan ketika mandi, ketika berenang, atau malah karena tanpa
Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga
Cara Mengeluarkan Air Dari Telinga
sengaja tersiram air dengan begitu keras dari kepala. Inilah mengapa cara mengeluarkan air dari telinga menjadi hal yang vital. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Mengeringkan dengan blow dryer

Cara mengeluarkan air dari telinga yang pertama adalah dengan blow dryer atau pengering rambut. Dengan menggunakan alat yang memberikan rasa hangat ini, air diharapkan akan menguap sehingga hilang. Paling cocok digunakan pada anak-anak karena caranya yang praktis serta cepat. Namun dalam mengguankan blow dryer untuk mengeluarkan air dari telinga, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah atur suhu blow dryer ke suhu terendah. Tujuannya bukan untuk memberikan rasa panas namun hanya rasa hangat. Berikutnya atur jarak blow dryer kira-kira 15 cm dari telinga. Ini untuk memastikan organ vital telinga tak terpapar panas dari blow dryer.Terakhir baru gunakan blow dryer hanya selama 30 detik saja paling lama.

2. Vakum dan gravitasi

Cara berikutnya ini terbilang jauh lebih aman dari pada mengguankan blow dryer dan nyaris yak memerlukan alat bantuan apapun. Yang perlu dilakukan hanya mengombinasikan gravitasi dengan vakum, yang dibuat dari gerakan tangan. Pertama-tama miringkan kepala ke sisi bagian telinga yang kemasukan air. Setelah itu baru tekan telapak tangan pada telinga, kemudian lepas. Telapak tangan akan bekerja sebagai vakum yang bekerja menarik keluar air searah gravitasi.   Meski terkesan mudah, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan cara ini. Yang pertama pastikan kepala miring mendatar dengan lantai. Dan lakukan vakum beberapa kali hingga air benar-benar hilang. Setelah itu baru bersihkan sisa-sisa air di telinga dengan cotton bud atau kapas.

3. Memberi gaya dorong pada kepala

Cara mengeluarkan air dari telinga lainnya adalah dengan memberikan gaya dorong pada kepala. Dengan begini, air yang berada di dalam telinga pun diharapkan bisa keluar dengan sendirinya. Cara ini sebenarnya tak memiliki cara dan dasar yang jelas namun terbukti beberapa kali berhasil mengeluarkan air dalam telinga. Metode pertama adalah dengan memiringkan kepala baru kemudian menggentak atau memukul kepala hingga air keluar. Pastikan tak memukul kepala terlalu keras atau hentakan yang keras pula. Selain itu juga bisa memberikan gaya dorong di kepala dengan melompat-lompat kecil di tempat. Cara ini bisa membuat air lebih keluar.

4. Dengan penguapan

Cara berikutnya untuk mengeluarkan air dari dari telinga adalah dengan penguapan. Proses penguapan ini pun tergolong mudah dan praktis. Meskipun membutuhkan waktu lebih lama. Namun dibandingkan dengan cara lain, cara ini paling bisa digunakan untuk bayi hingga anak-anak yang kemasukan air ke telinga. Penguapan bisa mengelurkan air karena terbukanya tabun eustachius melalui uap. Setelah itu air akan mengalir keluar sendirinya. Caranya cukup mudah. Siapkan satu baskom air panas yang benar-benar beruap. Setelah itu tutup kepala dengan menggunakan handuk baru dekatkan wajah ke arah baskom sembari menghirup uap panas yang keluar. Lakukan beberapa kali selama 15 hingga 30 menit sampai air di telinga terasa benar-benar mengalir keluar. Selingi menguapi hidung dengan memiringkan kepala.

5. Tekanan udara dari hidung dan mulut

Memberikan tekanan pada rongga telinga dengan menahan udara dari hidung serta mulut rupanya bisa membawa air di telinga keluar pula. Cara mengeluarkan air dari telinga juga mudah, cukup tahan mulut dan telinga selama beberapa detik baru kemudian bernafas dengan keras. Cara ini akan membuat udara masuk dengan tekanan tinggi ke arah telinga dan membawa air keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *