Cara mengatasi bau mulut dan gigi kuning

Cara Mengatasi Bau Mulut dan Gigi Kuning

  Kurang percaya diri saat tertawa bersama teman-teman karena bau mulut dan gigi kuning? Menjaga kebersihan mulut adalah cara mengatasi bau mulut dan gigi kuning. Apa penyebab gigi menjadi kuning?
  1. Merokok
  2. Minuman beralkohol.
  3. Minuman bersoda sekaligus berpewarna.
  4. Minum kopi dan teh lebih dari 1 gelas per hari.
  Halitosis atau biasa dikenal dengan bau mulut, umumnya timbul akibat bakteri di mulut. Komponen utama bakteri yang jadi penebab bau mulut adalah hidrogen sulfida dan merkaptan. Lalu apa sajakah penyebab bau mulut?
  1. Terdapat lubang pada gigi akibat bakteri.
  2. Terdapat sariawan.
  3. Kurangnya air ludah akibat kurang minum.
  4. Terdapat tambalan gigi yang rusak atau yang tidak tepat sehingga sisa makanan tertimbun.
  5. Lidah yang jarang disikat sehingga banyak bakteri.
  6. Gigi palsu yang tidak bersih.
  7. Sisa makanan terselip dicelah gigi.
  8. Mengidap penyakit sistemik contohnya diabetes atau penyakit sistemik lain yang menyebabkan bau pada nafas dan mulut.
  9. Mengkonsumsi obat tertentu yang menyebabkan bau mulut.
  10. Mengidap gangguan pencernaan, misalkan penyakit tukak lambung atau gastritis.
Menyikat gigi dengan benar dan optimal sebenarnya salah satu cara mengatasi bau mulut dan gigi kuning, namun kurang efektif menghilangkan plak yang telah menempel lama dan telah menjadi karang gigi. Lakukan gerakan memutar seperti membuat lingkaran pada permukaan gigi depan yang menghadap bibir, juga permukaan gigi yang menghadap pipi.  Selain itu pada bagian dalam gigi yakni permukaan gigi yang menghadap lidah, lakukan sikatan dengan gerakan menarik keluar, kemudian pada bagian atas dan bawah gigi yang saling bertemu saat mengunyah, lakukan sikatan dengan gerakan maju mundur. Lakukan setiap gerakan menyikat sebanyak 10 kali. Lakukanlah penyikatan gigi dengan tekanan yang ringan dan berhati-hati agar tidak melukai gusi. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah:
  • Sikat gigi setiap sesudah makan dan sebelum tidur, agar tidak ada sisa makanan yang terselip di celah gigi dan terjadi pembusukan sisa makanan.
  • Sikat juga lidah agar sisa makanan tidak tertinggal pada bagian lidah.
  • Gunakanlah pasta gigi ber-flouride dan low abrasive.
  • Gunakan bulu sikat yang lembut.
  • Gunakan obat pencuci mulut non alcohol setelah menyikat gigi, agar kuman penyebab bau mulut mati.
  • Rutin berkonsultasi ke dokter gigi untuk memastikan kondisi gigi dalam keadaan baik minimal 1 tahun sekali.
  • Konsumsi buah-buahan yang berfungsi sebagai pembersihan gigi alami, contohnya apel dan stroberi.
  • Apabila terdapat tambalan gigi, maka lakukan pengecekan pada dokter gigi minimal 1 tahun sekali.
  • Jika memakai gigi palsu, maka bersihkanlah gigi palsu dengan rajin dan tepat.
  • Bila mengidap gannguan pencernaan, konsultasikan pada dokter agar segera mendapatkan penanganan.
  • Bila mengidap penyakit sistemik, maka berkonsultasilah pada dokter spesialis yang berhubungan dengan penyakit tersebut.
  • Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan warna pada gigi, misalkan minum kopi dan teh lebih dari 1 gelas sehari, merokok, maupun mengkonsumsi minuman berwarna seperti minuman bersoda dan berpewarna keras dan lainnya.
  • Cara instant mengatasi gigi kuning adalah berkonsultasilah dengan dokter gigi dan mintalah tidakan bleaching atau biasa disebut juga in office bleaching.
  Setiap tindakan medis yang instant dan menggunakan bahan-bahan kimia tertentu sudah pasti sedikit banyak akan membawa efek samping, lalu bagaimana dengan cara memutihkan gigi secara alami? Berikut ini 10 tanaman herbal alami sebagai cara mengatasi bau mulut dan gigi kuning                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  diantaranya:
  1. Daun Sirih.

Cuci bersih beberapai helai daun sirih kemudian rebus hingga air mendidihkan. Tunggu daan diamkan air rebusan hingga menjadi agak hangat, lalu berkumurlah dengan air sirih tadi, tahan air sirih di dalam mulut sekitar 1 menit, selanjutnya ulangi berkumur 2 sampai 3 kali dalam sehari, maka ramuan ini ampuh untuk mengatasi bau mulut. Daun sirih sisa rebusan dapat digosokan pada gigi untuk mengurangi warna kuning.
  1. Biji Pinang.

Bakarlah biji pinang sampai hangus, lalu tumbuk sampai lembut. Gosokkan bubuk biji pinang pada gigi. Lakukan secara rutin 1 minggu sekali. Bubuk biji pinang bisa memudarkan warna kuning gigi dan menggerus plak gigi, selain itu diyakini membantu memperkuat gigi.
  1. Kulit Jeruk dan daun Salam.

Tumbuk halus daun Salam yang telah dikeringkan dan siapkan kulit jeruk bagian dalam yang berwarna putih. Gosokan kulit jeruk beberapa kali lalu lanjutkan dengan menggosokan bubuk daun salam pada gigi. Lakukan rutin 2x setiap hari. Kulit jeruk dan daun salam cukup efektif mengatasi bau mulut dan warna kuning gigi.
  1. Sayur dan Buah.

Sayuran seperti seledri dan wortel, ditambah buah seperti apel dan strawberry, konsumsilah setiap hari, itu berguna mengikis noda kuning pada gigi. Khusus untuk strawberry, juga membelahnya lalu digosokkan perlahan pada permukaan gigi.
  1. Baking Soda.

Oleskan baking soda pada gigi secara merata lalu diamkan sekitar 5 menit sebelum menggosok gigi. Gunakan baking soda sekitar sebulan sekali agar tidak merusak lapisan email gigi.
  1. Cuka Putih dan Sari Apel.

Cuka putih dan sari apel ampuh memutihkan gigi dengan cara menggosakannya 1 kali dalam sebulan.
  1. Lemon dan Garam.

Peras air lemon lalu tambahkan sedikit garam, lalu oleskan merata pada gigi. Diamkan sekitar 3 menit sebelum menggosok gigi. Lakukan sekali dalam 3 hari.
  1. Arang Kayu.

Arang cukup ampuh memutihkan gigi, namun gosokanlah seminggu sekali dan berhati-hati saat menggosokkan pada gigi agar tidak melukai gusi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *