Cara menaikkan HB pada ibu hamil

Cara Menaikkan HB Pada Ibu Hamil

  Bagaimana cara menaikkan HB pada ibu hamil? Mengapa ibu hamil perlu mengkonsumsi suplemen penambah darah? Hal ini karena ibu hamil mempunyai risiko besar terhadap penyakit Anemia atau kadar Hemoglobin atau HB yang rendah. Dalam artikel ini kita akan membahas penambah darah yang alami untuk ibu hamil yang berasal dari makanan sehat yang dapat meningkatkan  HB agar ibu hamil terhindar penyakit Anemia yang dapat berdampak buruk bagi sang ibu sendiri maupun bagi janin di dalam kandungan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang dapat menjadi sumber alami untuk penambah darah, tapi ternyata tidak semua jenis makanan penambah darah dapat menjadi cara menaikkan HB pada ibu hamil. Mengapa demikian? Karena ibu hamil tidak boleh sembarang dalam mengkonsumsi makanan. Seharusnya dipastikan terlebih dahulu apakah makanan tersebut aman bagi kehamilan dan juga bagi janin. cara-menaikkan-hb-pada-ibu-hamil Makanan sehat bagi ibu pada masa kehamilan sangatlah diperlukan, termasuk makanan sehat dan alami yang dapat menjadi penambah darah atau peningkat HB. Mengapa? Karena pada masa kehamilan sedang terjadi giat-giatnya pembentukan sel-sel darah merah yang baru dalam jumlah banyak untuk mendukung pertumbuhan janin dalam rahim. Anemia dapat terjadi pada ibu hamil ketika tidak mendapatkan asupan makanan yang mencukupi untuk pembentukan sel darah merah tersebut, sehingga  pada kondisi ini seolah tubuh ibu sedang mengalah guna mencukupi kebutuhan sang janin. Zat gizi yang penting dalam proses pembentukan sel darah merah diantaranya adalah zat besi dan asam folat. Penyebab paling umum dari anemia pada kehamilan adalah defisiensi zat besi dan asam folat. Makanan penambah darah untuk ibu hamil memang sebaiknya jenis makanan yang kaya akan zat besi dan asam folat. Namun tetap harus yang aman bagi ibu hamil karena cara menaikkan HB pada ibu hamil tidak semuanya aman. Apa sajakah makanan yang kaya zat besi dan asam folat serta aman bagi ibu hamil? Mengantisipasi Hemoglobin yang rendah selama menjalani kehamilan amatlah penting, dikarenakan bertujuan supaya masa kehamilan tetap lancar, ibu dan janin sehat hingga tiba waktunya persalinan kelak. Berikut ini beberapa cara menaikkan HB dan menjaga Hemoglobin dalam darah tetap normal :

Mengonsumsi makanan yang dapat menaikkan hemoglobin dalam darah

  cara-menaikkan-hb-pada-ibu-hamil Sumber zat besi terbaik antara lain berupa biji wijen, biji bunga matahari, biji jagung, biji labu, gandum, daging merah tanpa lemak, hati ayam, Ayam, kepiting, Udang, kuning telur, kacang almond, kacang hijau, kacang merah, kacang polong, apricot, Plum, Kismis, Anggur, buah Bit, pisang, kiwi, jambu biji merah, stroberi, apel, melon, semangka, daging unggas, kerang dan juga ikan, serta sayuran berdaun hijau, contohnya : Sayuran bayam, daun singkong, Brokoli, Kol, sawi, asparagus, dan sayuran hijau lainnya.

Menghindari mengonsumsi makanan yang dapat menjadi penghambat asupan zat besi

Penyebab jumlah hemoglobin dalam darah rendah dikarenakan kurangnya asupan zat besi dari makanan, dan hal ini dapat terjadi semakin parah apabila mengkonsumsi jenis makanan yang menghambat serapan atau asupan zat besi. Apa sajakah makanan yang dapat menjadi penghambat cara menaikkan HB pada ibu hamil? Berikut ini jenismakanan yang menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh, terutama ibu hamil : Teh, kopi, soda, dan semua jenis minuman berkafein dan juga beralkohol. Makanan mengandung gluten kimia atau buatan, juga dapat menghambat penyerapan zat besi seperti : mie instan.

Mengonsumsilah suplemen zat besi

Apabila asupan zat besi dari makanan sehari-hari ibu hamil kurang mencukupi kebutuhan zat besi maka sebaiknya mengonsumsi suplemen zat besi atas resep dari dokter.

Tingkatkanlah makanan yang menambah asupan vitamin C

Vitamin C amat bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh ibu hamil sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin bagi ibu terlebih lagi bagi janin.

Beristirahatlah dengan cukup

Ibu hamil dengan kadar HB atau hemoglobin rendah amat disarankan mempunyai jam istirahat dan jam tidur yang cukup. Usahakanlah tidak melakukan aktivitas yang menguras energi. Istirahat dan tidur yang cukup bertujuan mencegah kondisi kelelahan agar gangguan kesehatan tidak semakin parah. Demikian informasi mengenai Cara menaikkan HB pada ibu hamil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *