Batu Empedu Hilang Tanpa Operasi

Batu Empedu Hilang Tanpa Operasi

Penyakit batu empedu merupakan penyakit karena penyumbatan di kantong empedu dan saluran empedu oleh batu-batu kecil. Batu-batu kecil itu terbentuk karena mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak, tetapi hanya disertai sedikit makanan yang mengandung serat. Orang-orang dengan berat badan melebihi normal memiliki resiko lebih besar terkena penyakit batu empedu. Seorang yang terserang batu empedu umumnya akan merasakan nyeri di bagian perut sisi kanan. Pada kasus batu empedu yang Batu Empedu Hilang Tanpa Operasi sedikit atau kecil tanpa gejala yang berat, umumnya pasien tidak memerlukan tindakan medis, terkadang bila perlu dokter akan meresepkan obat-obatan kimia yang mengandung asam ursodeoksikolat. Zat tersebut dapat membantu untuk melarutkan batu empedu dengan ukuran kecil atau jumlah sedikit. Namun pengobatan dengan mengkonsumsi asam ursodeoksikolat ini tak selalu berhasil serta butuh waktu pengobatan dalam jangka panjang, ditambah lagi dengan efek samping bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh. Bila penyakit batu empedu yang dialami ternyata berukuran besar serta menyebabkan rasa nyeri pada perut kanan, ditambah terjadinya penyumbatan saluran empedu atau pun terjadi  peradangan kandung empedu, maka dalam kondisi demikian biasanya dokter akan mengambil tindakan operasi dengan pengangkatan batu atau kandung empedu. Kebanyakan penderita penyakit batu empedu pastinya berharap besar batu empedu hilang tanpa operasi. Jika tidak ingin mendapatkan tindakan operasi saat menjalani pengobatan medis modern maka penyakit batu empedu dapat juga diobati dengan cara yang alami. Berikut ini pengobatan herbal:

Olive oil atau minyak zaitun

Siapkan teh yang ditambahkan dengan perasaan jeruk nipis, kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun. 1 sendok makan minyak zaitun dapat juga ditambahkan pada jus lemon. Minum secara rutin 3 kali sehari selama 1 bulan. Selanjutnya periksakan kembali kondisi empedu untuk memastikan batu empedu hilang tanpa operasi.

Apel

Buah yang satu ini diyakini mampu mengatasi penyakit batu empedu. Dengan mengkonsumsi apel secara rutin 3 kali sehari dapat mengeluarkan batu empedu melalui system pencernaan. Akan lebih baik bila mengkonsumsi buah apel bersama kulitnya, tetapi rendam lebih dulu buah apel dalam air yang mendidih, dan gosok sampai bersih agar zat lilin yang terdapat pada kulit apel terkelupas hingga benar-benar bersih dan bebas dari zat pestisida. Namun jika tidak ingin repot, kupas kulit apel lebih dulu sebelum dikonsumsi.

Perbanyak minum air putih.

Minimal konsumsilah air putih 8 gelas setiap hari untuk menghindarkan batu-batu di empedu semakin banyak. Air putih dapat memperlancar metabolism pada tubuh sehingga zat beracun dikeluarkan begitu pula batu-batu empedu perlahan keluar melalui system pencernaan. Lakukan rutin setiap hari sebulan setahun dan sampai seterusnya hingga menjadi sebuah kebiasaan baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Air putih memang tampak remeh, walau demikian manfaat air putih sangat baik karena 70-75 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Olah raga secara teratur.

Dengan olah raga secara teratur dapat membakar kalori pada badan, sehingga akan mencegah munculnya batu empedu. Dengan olah raga juga akan mengeluarkan racun pada tubuh melalui keringat dan batu-batu empedu yang terbentuk dari kolesterol dan lemak pun, perlahan akan hancur. Olah raga juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Mengonsumsi makanan berserat tinggi.

Contoh makanan yang mengandung serat tinggi adalah aneka sayuran hijau, pepaya serta gandum. Jangan lewatkan mengkonsumsi banyak sayuran hijau, gandum dan pepaya setiap hari, karena akan meluruhkan lemak dan kolesterol, begitu pula meluruhkan batu-batu empedu yang memang berasal dari kolesterol dan lemak yang membentuk batu-batu kecil.

Jus Pear.

Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Kemudian campurkan dengan segelas jus pear. Kandungan pektin yang ditemukan dalam jus pear diyakini dapat melarutkan batu empedu.

Teh daun mint.

Peppermint dapat merangsang aliran empedu dan terpene yakni senyawa yang ditemukan dalam peppermint. Senyawa tersebut dapat membantu melarutkan batu empedu. Anda hanya perlu merendam daun mint dalam air panas untuk membuat teh peppermint. Dianjurkan untuk minum teh daun mint 3x dalam sehari untuk meluruhkan batu empedu. Demikan cara tradisional agar batu empedu hilang tanpa operasi.    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *